Kamis, 04 Januari 2018

4 Januari

Halo semua
Hari ini adalah Hari Braille Sedunia

Apa itu Braille?
Braille merupakan huruf yang berupa titik-titik yang digunakan oleh penyandang tunanetra. Huruf tersebut diciptakan oleh Louis Braille.


foto : louis braille






Louis Braille (lahir di Coupvray, 4 Januari 1809 – meninggal 6 Januari 1852 pada umur 43 tahun) adalah pencipta sistem tulisan Braille yang digunakan oleh orang-orang buta/ tunanetra.

Pada umur 4 tahun, matanya tertusuk jarum, Braille pun mengalami kebutaan. Pada tahun 1821, saat bersekolah khusus untuk penderita tunanetra, seorang prajurit bernama Charles Barbier mengunjungi sekolah tersebut dan menunjukkan suatu kode yang telah ditemukannya.

Sistem tersebut dikatakan sebagai "tulisan malam" (night writing). Ini dirancang khusus untuk tentara perang yang menggunakan kombinasi duabelas titik. 


foto : manuskrip braille milik louis braille




Braille muda menyadari manfaat sistem ini. Ia pun mengembangkan sistem yang lebih sederhana dengan menggunakan enam titik. Dan tahun 1827, buku yang menggunakan enam titik tersebut, yang kemudian disebut Braille, telah diterbitkan.

Sekarang, para penyandang buta menggunakan metode tersebut. Pada 6 Januari tahun 1852, Braille meninggal dunia. Sebuah monumen besar dibangun untuknya pada tahun 1867 untuk menghormati dia.. (Sumber Wikipedia).




 foto : bookmark dengan tulisan abjad braille


Untuk mengenang jasanya, maka diperingatilah setiap tanggal 4 Januari (tanggal lahir Louis Braille) sebagai Hari Braille Sedunia.


 foto : buku cerita yang ditempelin huruf braille

~~~
Terimakasih Louis Braille, berkat karyamu, anakku Balqiz walau 'buta' tetapi dia tidak 'buta huruf'



foto : riglet stylus alat tulis braille






#braille
#peduliAbk
#pedulitunanetra
#peduliAbkTunanetra
#balqiz
#alifbata
#twins
#belajar

Tidak ada komentar: