Minggu, 15 Desember 2019

Mata untuk anak anak kita






 keterangan foto : balqiz mencoba kacamata berbentuk love di sebuah toko


Bismillah,
 "Ibuuuukkk…. Kenapa yaaa Mawar kalau pergi suka rewel dijalanan"
"Ibuuuukkkk…. Aku jadi malas ajak Melati pergi, pasti nangis"
"Ibuuuukk… duh aku mpe maluuu kalau ajak Anak Ganteng pergi pergi ada aja ulahnya rewel gak jelas"

🌻🌻

ayooooooooo acung tangan siapa yang sering kali ngalami kondisi anak rewel anak nangis saat bepergian atau berada di ruang public?

🌻🌻

ngaku aja, ibuk dahulu juga demikian kok.
balqiz ngamuk, nangis, jejeritan, tantrum apalah apalah namanya saat berada di ruang publik. serasa kayak langsung dituduh menculik anak orang oleh orang-orang disekitar.

🌻🌻

ketika bepergian bersama anak anak Tunanetra, jadilah pencerita yang baik. deskripsikan semua detail benda, situasi, suara tertentu, atau hal menarik yang ada di sekitar.

"haloo cantik, yuk kita ganti baju ya, kita mau pergi. Hari ini ibu ayah adek kakak mau pergi ke rumah nenek. Sudah lama ya kita tidak ke rumah nenek. Ganti baju dulu ya nak"

"nah kita sudah di dalam mobil ya, perjalanan menuju rumah nenek sekitar 1jam. Lama ya nak. Tapi gak apa apa, nanti ibu akan cerita banyak. Nah sekarang kita sudah keluar rumah, whuaaa sepertinya agak macet nih lalu lintasnya. Sabar ya nak"

"whuaaa ada suara apa itu nak, itu suara klakson mobil. Suara deru motor. Eh di belakang mobil kita ada suara sirine ambulan. Ambulan itu untuk bawa orang sakit ke rumah sakit. Mobil ayah minggir dulu sebentar ya nak biar ambulannya lewat dahulu"

"kita sudah sampai di daerah slipi ya nak, dua kali belok kiri kita akan sampai di rumah nenek. Nanti disana sepertinya akan banyak orang ya. Nenek ada tamunya. Jangan panik ya nak. Ada ibu dan ayah akan temani"

🌻🌻

Menjadi mata bagi anak anak kita dengan paparan deskripsi itulah, anak Tunanetra akan mengetahui situasi apa yang ada dan bisa berimajinasi serta dapat menikmati perjalanan mereka sama seperti yang kita lihat.

Dengan mendapat informasi yang detail anak mengetahui situasi yang ada dan gambaran apa yang kiranya akan dihadapi. Meminimalis kondisi tantrum, rewel pada anak.

🌻🌻

Jadi jangan malas "cerewet" yaaaaa
So, be a good storyteller for Blind Child yaaaa <3 span="">




#Belajar
#AbkTunanetra
#Anaktunanetra
#PeduliAbk
#PeduliAbkTunanetra
#ROP
#Balqiz
#InklusiPastiBisa

Tidak ada komentar: