Minggu, 23 Maret 2008

belajar makan & minum sendiri

Alifah sudah bisa makan dan minum sendiri saat usia 1,5 tahun. Dengan melihat ayahbunda sedang makan menggunakan sendok, piring dan minum dari gelas... dia tertarik dan belajar untuk makan dan minum sendiri. walaupun hasil akhirnya super duper berantakan, tidak masalah.. yang penting buat bunda adalah bahwa dia mau makan & minum sendiri... Nah bagaimana dengan Balqiz?

Tidak bisa melihat "contoh" bagaimana seh makan & minum sendiri, Balqiz hanya bisa merasakan bahwa dia sedang disuapin makan dan dibantu memegang gelas saat dia minum. Perlu ketelatenan dan kesabaran yang tinggi untuk mengenalkan bagaimana "proses" makan dan minum sendiri.

Berawal disaat menyuapi makan, mengenalkan "sendok" "piring" "gelas" dan "makanan" yang sedang dimakan/ diminum. mengenalkan real benda-benda "sendok" "piring" "gelas". tidak serta merta Balqiz bisa mengenal dan mengetahui kegunaan benda-benda tersebut.... yang ada, sendok menjadi alat pemukul di meja yang bisa menimbulkan bunyi, demikian juga dengan piring atau gelas... dengan mudah berubah menjadi fresbie melayang diudara. demikian juga untuk bisa duduk saat makan, perlu masa belajar yang tidak sebentar.

Bunda menyambut dengan senang, tatkala dari sekolah mengijinkan bunda untuk duduk mendampingi balqiz di kelas saat waktu makan/ snack time. bersama dengan ibu gurunya, bunda belajar bagaimana "belajar makan & minum".

Alhamdulillah, saat ini Balqiz sudah bisa duduk sendiri saat dia makan, sudah bisa minum sendiri dari gelasnya. Untuk makan, dia sudah bisa mengambil sendiri snack yang berada di piring/ mangkoknya, tetapi untuk makan dengan sendok, masih harus belajar lagi ya sayang...... Ayo nak, kita belajar lagi ya... semangad ya sayang!! luv u...



pelajaran moral ;
jangan melihat dari sisi ketidakbisaannya tapi lihatlah dari sisi kebisaannya

13 komentar:

Eucalyptus mengatakan...

Wah.... Balqis makin pinter neh, udah bisa maem sendiri.... Tetap semangat ya anak manis

Nunik mengatakan...

Hebat Balqiz.. Balqiz punya Ibu yang hebat juga, gag heran Balqiz pasti bisa melakukan segala hal dengan penuh percaya diri ;)

Anonim mengatakan...

seneng ya mbak, anak2 dah mulai bisa melakukan beberapa hal untuk dirinya sendiri.sun sayang buat Balqis dan Alifah

Anonim mengatakan...

pinter ya Balqis bisa belajar makan dan minum sendiri. Semangat terus ya sayang.. sun sayang dari dd Shaina buat kk Alifah & Balqis

Loverock_MD mengatakan...

waahhh... bunda balqiz telaten ya ngajarin balqiznya..

tapi makanan balqiz jgn dicobain juga dong bun :-P

Vera mengatakan...

Waduuh anak-anak Bunda makin pinter ajah niih..

Kita emang jgn ngeremehin kemampuan anak ya, Mbak. Kadang gak disangka2 ternyata si anak mampu dan bisa. Aku pernah binun dulu azka gak bisa minum pake sedotan sementara temen2nya yg seumuran dah jago..akhirnya setelah aku rada putus asa ternyata bisa juga..malah sekarang mimik susu gak pake dot lagi tp langsung pk sedotan...hehehe...

astin mengatakan...

wah balqiz hebat, dah bisa maem n minum sendiri...tetep belajar sayang ya, biar bisa maem pake sendok sendiri juga

Ira Melati mengatakan...

anak-anaknya bunda, hebat2 n pinter2 euy...pasti karena bundanya juga hebat

Unknown mengatakan...

Hebat sayang... smakin lama Balqis makin pinter..
Bentar lagi pinter pake sendok ya sayang

Mama Ben mengatakan...

wah...
balqiz makin pinter aja nih....
seneg deh...sun sun buat balqiz...muahhh

Nunik Achmad mengatakan...

subhanalloh....yang semangat ya Balqiz....bunda juga.
peluk dan cium buat Balqiz

Loverock_MD mengatakan...

bunda, beneran deh saya selalu terharu tiap liat foto balqiz belajar makan ini..

Sinopi mengatakan...

tp bisa kaya gini pun Balqis udah pinter banget lho Bun..