Kamis, 13 Maret 2008

O&M

Orientasi & Mobilitas
bagi seorang tunanetra, penguasaan orientasi lingkungan amat penting. sehingga akan memudahkan untuk leluasa bergerak tanpa harus tersenggol/ menabrak barang atau tembok yang ada disekitar. terkait pula dengan orientasi adalah mobilitas dari tunanetra tersebut. tujuan dari O&M supaya bisa bebas bergerak, tanpa harus mengalami banyak kendala. tujuan akhir adalah kemandirian untuk dapat bepergian tanpa harus mengalami kesulitan dan bergantung dengan orang lain.

sewaktu bunda belum mengetahui konsep dari O&M ini, sebenarnya bunda sendiri tanpa sadar sudah membantu balqiz dalam pelajaran O&M, hal ini bunda lakukan apabila sedang berjalan menggandeng balqiz, bunda selalu sebutkan "dek... di ruang tamu ya" ; "dek ada tangga, turun 2x ya.." ; "balqiz, kita masuk kamar ya.... awas ada tempat tidur disisi kiri" ; "balqiz, disebelah kanan ada kursi, di depan pintu ya"

kurang lebih seperti itu, sehingga setiap pergerakan sebisa mungkin, bunda atau si mbak yang sedang mengasuh balqiz selalu menyebutkan dimana berada, dan apa yang ada di sekitar balqiz, dimana posisi meja, lemari, kursi dan sebagainya. dan pelajaran penting buat bunda adalah tidak merubah posisi perabotan tanpa sepengetahuan balqiz.




demikian juga disekolah. selalu ada session O&M. dimana berjalan-jalan disekitar lingkungan sekolah. terkadang hanya didalam lingkungan sekolah, terkadang juga keluar dari halaman sekolah. sebenarnya banyak hal yang dipelajari pada session O&M ini, tidak hanya pada konsep O&M saja, tetapi juga misalkan belajar mengenai beberapa hal, misalkan di halaman ada bunga, ada mobil yang sedang parkir, ada kendaraan yang lewat dijalan raya. etc.

Dannnnnn......
terimakasih buat tante novee yang udah ngasih balqiz mainan "DOMINO EFFECT", dipajang aja ya tante, gag diterusin lagi, soale keiknya temen-temen udah pada punya semua..., skali lagi makasih ya tante...




apdet 18/3/2008 ; ternyata dapet juga dari adik zua...., terimakasih

10 komentar:

Azzah mengatakan...

Balqiz yang rajin ya sekolahnya, biar cepat bisa ya sayang ! alifah sudah sekolah jg blm?

Shella Mawardi mengatakan...

wah....adek pasti makin pinter orientasi & mobilitasnya...tapi yang bikin gemes tuh kalo liat adek jail...hehehehehe....kalo jailnya itu sapa yang ngajarin dek???bunda yaaa....******kabuuuurrrrrrrrrr ahhhhh

Vera mengatakan...

Allo... Balqiz...bundanya sabar banget ya, beruntung deh punya bunda yg baik dan sabar.

Ayo, main ma Azka...Azka sukanya nyanyi2..hehehe..

El van mengatakan...

Aku byk dpt ilmu dr postingan bunda..sang superwoman. Aku doain Balqiz bisa bun..dgn bimbingan dr org2 pilihan.

mutia and rayga mengatakan...

wah,aku ga tau kalo adek suka jail jg ya,hayo dpt dr bunda ya jailnya;-)slamet ya dpt mainan jg dr mpok novee

Wati mengatakan...

Cihuy!! Balqiz mulai sekolah! asik asiiiikkk......... cantik loh pake baju baru yah? hihihi.... bunda makasih yah udah dikabarin di shoutbox.. maaf loh jarang mampir nih
April 25-Mei 3 kita ke Jakarta Prim :-)

Anonim mengatakan...

bunda...Aq salut deh, butuh banyak kesabaran ya?

Balqiz sayang..semangat trus belajar ya cantik!

Anna Rochanti Madden mengatakan...

Bunda Prima, ada buku ttg bimbigan utk anak berkebutuhan khusus yg Bunda tertarik di internet (lokasi USA) nggak? Siapa tau aku bisa bantu. Salam buat Balqiz!

Andrei B. mengatakan...

halo bunda ku! gimana kabar alifba? wuiih sudah blajar orientasi dan mobilitas ya! bagusss! yang semangat ya balqiz sayang!

sun sayang dari oom! :)

Sinopi mengatakan...

wuaaa Bunda pinter banget deh, blom diajarin udah tau..
btw mba pengasuh nya Balqis apakah org nya sabar, bunda..? kasihan Balqis kl mba nya ka sabaran..