Kamis, 05 Desember 2013

waspada ROP



Hai, namaku Balqiz Baika Utami, aku lahir hari Sabtu 17 September 2005, sekarang aku sudah 8 tahun dan sekolah kelas 2sd. Aku sekolah di SLBA Negeri Pembina – Lebak Bulus, Jakarta.

Aku penyandang tunanetra karena ROP, kata bundaku, ROP itu singkatan dari Retinopathyof Prematurity. Sebenarnya aku belum ngerti banget sih apa itu ROP, tapi kata bunda, ROP itu adalah salah satu resiko dari kelahiran premature. Oiyaaaa aku thu lahirnya premature di uk 30week, berat badanku waktu itu cuma 920gram dan panjangku 34cm. Dan kata eyang dokter Idham Amir, SpA banyaaaaaaaaaaakkk banget bayi-bayi premature lainnya yang juga terkena ROP.

Kebanyakan sih karena orangtuanya terlambat periksain bayi-bayinya, padahal ROP itu harus cepat cepat di tangani. Paling telat pas umur 4 minggu setelah dilahirkan bayi premature harus di skrining matanya. Waktu itu ROP-ku sudah grade 5, jadinya pas umurku 41 hari aku di operasi, namun karena ada pendarahan, jadilah retinaku tetap menggulung, alhasil aku operasi lagi deh yang ke-2x sekaligus dipasang sclera buckle.

Nah kata bundaku, semua sudah berusaha maksimal, namun rupanya Allah punya maksud rencanaNYA sendiri, hasil operasi ternyata tetap ada pendarahan, jadilah aku tunanetra.

Aku mau ajakin nih para ibu ibu lain yang juga punya bayi premature keik aku dulu supaya jangan telat yaaaaaaaaa buat skrining mata adek bayinya. Supaya bisa dicegah dan ditangani segera, dah gitu ROP itu gak ada gejala atau tanda-tandanya. Jangan diremehin lhoooo ajakanku ini… percaya deh, nyesel itu gak enak lhoooo



6 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih balqis kisahmu membuat aq -orang tua dr bayi premature- belajar... :)

E. NoviaMF mengatakan...

Makasih remindernya, Balqis :*

Dinda mengatakan...

Kalo boleh tau, tanda2 awalnya gmn? Ya Allah apa anak q kena ROP ya? Aq bnr2 gk tau. N kyk nya anak q udh parah bgt. Nangis aq baca ini.

primaningrum mengatakan...

@dinda

ROP tidak ada gejala/ tanda secara fisik. harus dilakukan skrining pemeriksaan oleh dokter mata konsultan mata anak untuk bisa mengetahui ROP ini. untuk bayi prematur dan bblr paling lambat harus dilakukan skrining pada usia 4minggu.

dimana bunda bisa kontak dirimu? sila email bunda di primaningrum@yahoo.com

berapa usia ananda saat ini?

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.