Kamis, 01 Februari 2018

JARAK PANDANG



Seorang sahabat melayangkan pesan pribadi, tanpa mengurangi privacy ybs saya mohon ijin menjawab secara terbuka, mungkin bisa juga dijadikan sebuah pembelajaran  bagi orangtua lainnya.

Efek gangguan penglihatan pada anak bisa berdampak total netra/ buta atau pada sebagian anak masih memiliki sisa penglihatan atau biasa disebut low vision/ lowvi.

Pada anak anak lowvi terdapat banyak sekali pola bagaimana dia bisa memperoleh jarak pandang serta dari sisi mana dia bisa mendapatkan penglihatan terbaik.

Sahabat mengeluhkan bahwa putrinya saat menonton harus pasti dengan mendekatkan wajahnya ke layar. Demikian juga saat melihat boneka atau makanan yang disodorkan.

Ya memang begitulah cara melihat anak, dengan mendekatkan objek sedekat mungkin dan dengan posisi tertentu dari posisi demikianlah anak bisa mendapatkan penglihatan terbaiknya.

Jadi apabila anak dilarang justru akan menghambat proses belajarnya. Akhir proses anak malah malas bereksplorasi karena terhambat ruang geraknya serba dilarang oleh orangtuanya.

Orangtua berdalih mengkuatirkan bahwa cara cara demikian akan memperburuk penglihatan anak sehingga kelamaan anak akan total kehilangan penglihatan. Sangat paham kegelisahan tersebut, itu sebab perlunya tetap selalu rutin dilakukan pemeriksaan berkala pada pusat kesehatan mata agar kondisi mata terpantau.

Menghadapi situasi demikian apa yang harus dilakukan oleh orangtuanya? Justru disanalah orangtua bisa belajar dari anak. Tempatkan posisi sebagai anak dan mengikuti arah pandangan anak, sehingga orangtua akhirnya bisa mengetahui berapa jarak pandang yang bisa ditoliler anak dan dari sisi mana anak bisa memperoleh pandangan terbaik.

Ada yang anak harus memiringkan sedikit kepalanya ke kanan/ kiri, ada juga anak yang harus sedikit mendongak, berbagai macam pola.
Dibutuhkan pengamatan berkala dan kesabaran untuk bisa mendapatkan polanya. Seringkali dibutuhkan tenaga ahli kesehatan mata untuk bisa membantu observasi.


 
Note
gambar diambil dari google

#braille
#bukubraille
#vision
#lowvision
#orientasimobilitas
#OM
#tongkat
#whitecane
#tunanetra
#pedulitunanetra
#rabupeduliAbk
#peduliAbk
#aksesibilitas
#anaktunanetra
#belajar
#balqiz
#twins

Tidak ada komentar: