Senin, 07 Januari 2013

Hayoooooooo buku apa yang gak ada di toko buku



Buat pecinta buku, berada di sebuah toko buku serasa berada di ‘surga’. Wangi buku-buku itu serasa parfum mewah. Whuaaaaaaaaaa menyadari kiri kanan depan belakang diri kita yang ada hanyalah tumpukan dan deretan buku-buku yang seolah mereka tersenyum dan menyambut kita serta tebar pesona berharap salah satu dari mereka diambil oleh jemari kita. Minimal satu buku pasti akan terbungkus dalam kantong belanjaan.

Namun, sadarkah diri kita jika ada buku yang ‘belum’ tidak bisa kita temukan di toko buku tersebut. Padahal,… konon katanya, buku adalah ‘jendela dunia’. Padahal juga, bagi orang yang ‘melek’ huruf,… pasti memerlukan buku. Tetapi kalau buku yang diperlukan ternyata gak bisa diperoleh, bagaimana mau dibaca?

Nah dikelilingi oleh ribuan buku yang ada di toko buku,… buku apa sih yang gak ada?
Buku dalam format Braille yang gak ada. Hingga saat ini belum ada toko buku yang menyediakan buku dalam format Braille dijual di deretan buku-buku tersebut. Ya, buku dalam format Braille yang diperlukan oleh para penyandang tunanetra.

Jika anda bisa asyik menikmati kisah cinta vampire ganteng Edward Cullen dan Bella Swan, pastilah penyandang tunanetra juga ingin bisa membacanya. Jika anda hanyut dalam petualangan Harry Potter, atau termotivasi dalam kisah sukses Merry Riana tentunya penyandang tunanetra juga ingin bisa membacanya.
Bisa saja sih, dibacakan. Namun kembali sebuah pertanyaan dilontarkan, buat kalian… enak mana membaca sendiri buku-buku tersebut, dengan pilihan lain yakni harus menunggu dan mencari orang lain untuk membacakannya? Harus diakui kan, bahwa ‘membaca’ itu mempunyai ‘kenikmatan’ tersendiri. 

Yuk, mengajak para sahabatku untuk peduli sedikit saja,…. kepada teman-teman penyandang tunanetra. Ambil satu buku yang kita miliki dirumah, dan kemudian kita ketik ulang buku tersebut mulai dari sampul depan hingga sampul belakang dalam format word, huruf Times New Roman ukuran 12. Selesai mengetik, kita emailkan kepada indah@mitranetra.or.id dilengkapi dengan data diri.

Mengajak para sahabatku bergabung sebagai relawan dalam program Seribu Buku Untuk Tunanetra yang dicanangkan oleh Yayasan Mitra Netra. 

Soft copy tersebut nantinya akan di convert dalam huruf Braille dan dicetak menjadi buku-buku Braille. Sehingga teman-teman penyandang tunanetra bisa ikut serta membaca kisah yang juga menjadi favorite kalian.






Yukk… gak pake lama,.. mulai mengetik ^_^, terimakasih.


10 komentar:

Elsa mengatakan...

subhaballaaah
sebenarnya mudah sekali yaa

insyaAllah waktu luang untuk mengetik...
terima kasihh infonya

Keke Naima mengatakan...

insya Alla sy anak coba ikutan ya mbak :)

Tri Sapta mengatakan...

Mak aku share di facebook aku ya.

Tri Sapta mengatakan...

Tetapi kok ada pilihan untuk share?

Waya Komala mengatakan...

Insya Allah, bisa coba di mulai nih..
makasih sudah menginspirasi ya,bun... :)

nurusyainie mengatakan...

Mau cari buku kesukaan saya dan mulai ngetik juga, Mak Prima.
#ubek2 rak buku :)

primaningrum mengatakan...

@all sahabat, terimakasih atas dukungannya!!! sangat berarti bagi kami

Unknown mengatakan...

sukses terus buat blog nya

ani rostiani mengatakan...

masih terbuka gak kesempatannya? saya baru mampir nih, mbak. Mencona klik formulir tapi gak bisa aja. Kenapa?

Unknown mengatakan...

Saya ingin mencari buku untuk anak saya yg tidak bisa melihat (tuna netra) ,, tp saya tidak pernah dapat,,, mohon bantuannya bapak, ibuk, kakak, abang, yang tau t4 jual buku khusus untuk tunanetra dimana y?? Mohon infonya 🙏
anak saya umur 5 tahun..