Senin, 20 Februari 2012

kenapa harus all about balqiz

blog ini memang harus bernama 'all about balqiz', semua tentang cerita balqiz. sebelum blog ini bunda buat, bunda sudah punya blog sendiri atas nama pribadi, disana ceritanya lebih nano nano tentang banyak hal dan termasuk juga curhatan bunda.

blog ini bunda tulis untuk mendokumentasikan banyak hal tentang balqiz. seperti yang sudah diketahui bahwa Balqiz Baika Utami, putri kembar kedua bunda adalah penyandang tunanetra.

berawal dari kebingungan bunda saat memperoleh vonis dokter mengenai kepastian kondisi mata balqiz. dimana saat itu sebenarnya sudah dilakukan upaya ikhtiar operasi sebanyak dua kali di Singapore. Namun ketentuan Allah SWT jualah yang berlaku.

Bingung, sedih, gak tahu harus gimana, mengingat minimnya informasi mengenai tumbuh kembang anak anak tunanetra. mau cari info dimana? majalah yang ada isinya melulu tentang bayi/ anak yang tidak memiliki hambatan. juga buku buku tumbuh kembang yang ada di toko buku tidak membantu sama sekali. informasi di internet juga masih sangat sedikit sekali, itupun referensi yang ada bukan berasal dari Indonesia.

dokter sendiri pun setelah memberikan vonis, tidak memiliki solusi atau informasi yang diperlukan untuk masa masa 'pasca vonis'.

sempat waktu itu bunda memperoleh satu kontak person dari pihak dokter mata yang merawat, sesama orangtua yang memiliki anak dengan hambatan penglihatan. setelah bunda mencoba menghubunginya, mencoba menjalin silaturahmi, mencoba mencari informasi bagaimana beliau menstimulus anandanya. namun,... ternyata harapan bunda hanya tinggal harapan. beliau enggan berbagi.

sempat terbersit amarah juga, kenapa sih gitu aja gak mau berbagi!! apa sih susahnya berbagi informasi,.... gw kan butuh informasi itu!!!! di kemudian hari, bunda baru bisa memahami kenapa dan kenapanya.

dari situlah titik mula bunda berpikir, bahwa bunda harus 'do something' untuk balqiz. usianya semakin hari semakin bertambah dan tentunya membutuhkan stimulus untuk tumbuh kembangnya. mulailah proses trial and error pembelajaran bagi bunda, balqiz dan keluarga.

dari proses trial and error tadilah bunda coba menuliskannya di blog ini. balas dendam ceritanya, kalo aku gak dapat info dari orang lain... maka orang lainlah yang bakal dapat info dari bunda!! ya karena bunda berpikir pasti ada 'diluar' sana orangtua orangtua lainnya yang sama bingungnya sama sedihnya dengan bunda. nah mari kita berbagi. ya berbagi semua, berbagi sedih, berbagi bingung, berbagi perasaan, berbagi proses belajar, berbagi cerita. tentang tumbuh kembang anak anak yang memiliki hambatan penglihatan.

intinya bunda gak mau orang nyari informasi di internet tentang 'anak tunanetra' mendapatkan hasil yang 'nol', harus ada informasi yang diperoleh, harus ada semangat yang bisa dibagikan. bunda mencoba berbagi dengan 'cara bunda',..... all about balqiz


Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes “Ngeblog di Mata Perempuan” yang diselenggarakan oleh Emak Blogger.

9 komentar:

Keke Naima mengatakan...

dan akhirnya blog ini memang sangat informatif ya mbak :)

mimi RaDiAl mengatakan...

berkah dr blog ini udah banyak lo mbak tanpa mbak sadari mungkin, ada yg baca diam2 tp dia mencuri semangat yg mba punya dr cerita2 blognya, keep semangat ya cyyyin...

Diana Indah mengatakan...

seperti biasanya..hanya bs menyemangatimu mba..selain terbayang tidak mudah menerima kenyataan bahwa anak yg begitu didamba ternyata memiliki kekurangan, tp di lain sisi, insya Allah, tabungan surganya gede mba, banyak manfaat kepada yg membutuhkan....cemunguddddd

Sary mengatakan...

ah ga perlu komentar banyak2 buat mbak mima sih.. big hug for you..

Pitaloka mengatakan...

informatif banget mbak prim, tetap semangaat ya....

anggania mengatakan...

subhanallahh.... hebat mbak..
teruskan dendammu hehehehe

semanggaatttt

Trica Jus mengatakan...

jangan pernah menyerah, terus semangat,
semangat kalian bahkan lebih tinggi dari pada kami yang normal,, semangat ade2 :D

pratamasari mengatakan...

hari ini baru kenal sama dek bilqiz dan bunda... salam kenal y... semangat terus y bunda & de2k bilqiz. perjuangan memang masih panjang tapi sampai sejauh ini kalian sudah melakukan hal yang luar biasa jadi kedepannya kalian juga pasti bisa... big hug..

pratamasari mengatakan...

hari ini baru kenal sama dek bilqiz dan bunda... salam kenal y... semangat terus y bunda & de2k bilqiz. perjuangan memang masih panjang tapi sampai sejauh ini kalian sudah melakukan hal yang luar biasa jadi kedepannya kalian juga pasti bisa... big hug..