Rabu, 01 Juni 2011

berkunjung ke SLB A Negeri Bali

Alhamdulillah, kemarin 23 s/d 25 Mei 2011, bunda mempunyai kesempatan untuk berkunjung ke SLB A Negeri Bali.

gedung sekolah yang terletak di Jalan Serma Gede No. 11 Denpasar, Bali terlihat apik dan mempunyai bangunan yang bagus. Bunda bertandang bersama Ramaditya dan Ibu Viera yang juga memiliki seorang putri penyandang tunanetra berusia 3 tahun.

kami disana didampingi oleh Ibu Fajar dan Pak Sutadi. sayang sekali Pak Ngakan selaku Kepala Sekolah sedang ada kesibukan lain sehingga kami tidak bisa bertemu dengan beliau. berkeliling di seputaran komplek sekolahan.

problema dari gedung yang disediakan oleh pemerintah adalah terkadang sang kontraktor tidak berkonsultasi dengan pihak pihak terkait yang mengerti akan kebutuhan dari anak anak tunanetra. sehingga yang terlihat ada banyak bagian bagian gedung yang tidak aksesible untuk anak anak tunanetra. sangat disayangkan.

fasilitas fasilitas penunjang guna proses belajar mengajar juga masih terbatas. berharap dikemudian hari pemerintah dapat menyempurnakan hal ini sehingga anak anak penyandang tunanetra yang belajar disana bisa berpotensi maksimal.

jumlah siswa yang ada saat ini berjumlah 60an siswa, dari rentang usia 5 tahun hingga 18 tahun. sebagian ditampung di asrama dikarenakan tempat tinggal siswa yang berjauhan. bahkan ada beberapa siswa yang berasal dari luar Bali. diantara 60an siswa tersebut terdapat beberapa siswa yang penyandang tunaganda. sehingga pembagian waktu belajar bagi anak anak adalah, kelas pagi untuk anak anak tunanetra, dan kelas siang diperuntukkan bagi anak anak tunaganda.

senang sekali bisa berinteraksi dengan para siswa disana. mereka cukup kritis dan berani untuk diajak berkomunikasi.

dan......
ada satu properti mereka yang sebenarnya sangat didamba oleh para tunanetra, dan bunda sendiri juga mupeng pengen punya! mesin brailo alias mesin cetak braille. wow,...
dengan adanya mesin cetak braille mereka bisa mencetak sendiri buku buku yang diperlukan bagi proses belajar mengajar anak anak. dan... tidak semua SLB A mempunyai mesin cetak ini.

berharap dikemudian hari bisa berkunjung kembali ke sini dan juga mengunjungi banyak SLB A lainnya di berbagai daerah. Amin ^_^










Tidak ada komentar: