Senin, 06 Desember 2010

white cane

salah satu identitas seorang tunanetra adalah penggunaan white cane atau tongkat putih. kenapa dinamakan white cane? hal ini untuk membedakan dengan tongkat lainnya. penandanya adalah adanya strip warna merah di ruas white cane. dimana strip warna merah ini juga bisa terlihat 'menyala' saat berada dikegelapan.

jenis macam white cane ada dua, ada yang lurus dan ada yang bisa dilipat. yang lurus agak kaku dan membutuhkan ruang untuk penyimpanannya. sedangkan yang model lipat (ada yang lipat 3 ada yang lipat 4) lebih ringan dan mudah disimpan karena ruas ruasnya bisa dilipat dan dimasukkan ke dalam tas atau kantung.

pertama kali bunda melihat white cane untuk anak-anak adalah saat bunda mengikuti kongres orangtua penyandang tunanetra di Philippina 2 tahun yang lalu. saat kembali ke jakarta mencoba mencari.... ada memang tetapi menurut berbagai sumber, tongkat tersebut sebenarnya adalah tongkat bagi orang dewasa yang dipotong disesuaikan dengan tinggi badan anak. waks.. ternyata tidak mudah ya...

akhirnya bunda masih menyimpan keinginan agar bisa segera memberikan tongkat bagi balqiz. terlebih saat itu kemampuan OM balqiz juga masih terbatas dan masih harus diasah terus.

tetapi bukan berarti ini kepala berhenti memikirkan alat bantu apa yang bisa pas digunakan balqiz untuk membantunya dalam berjalan. beberapa kali mencoba juga tetapi tetap belum pas. dalam hati bunda masih penasaran dengan white cane yang sebenarnya.

dan!! akhirnya bunda nemu juga tempat dimana bunda bisa memesan white cane sesuai dengan ukuran badan balqiz. dan Alhamdulillah harganya juga masih terjangkau. tidak pikir lama lama segera saja bunda pesan. surprisenya lagi... begitu bunda konfirmasi sudah melakukan pembayaran, segera saat itu juga dikonfirmasikan bahwa tongkat untuk balqiz segera dikerjakan. esok harinya dapat konfirmasi kembali ternyata sudah selesai dan dalam proses pengiriman. Alhamdulillah,..

Dan... sore tadi kiriman tersebut sampai dirumah. whuaaaaa bisa dilihat reaksi balqiz senang sekali. langsung tongkatnya tidak lepas dari tangan..... sumringah banget wajahnya.

walau masih harus berlatih dan belajar cara penggunaan tongkat yang baik dan benar... bunda yakin kalau balqiz bisa!!! go balqiz go



3 komentar:

Elsa mengatakan...

alhamdulillaaaaaaaaah
alhamdulillaaaaaaaaaaah
Balqis sudah punya tongkat yang sesuai dengan badannya...
alhamdulillaaaaaaaaaaaaah...

semoga tongkatnya bisa sangat sangat membantu Balqiz....

terharu dan ikut seneng...

Anonim mengatakan...

Kakak Balqiz...
semangat yaaaaa

ayo belajar pake tongkat.
seandainya dekat, Dija pingin ketemu sama kakak Balqiz deh

Bundanya Nay dan Carissa mengatakan...

Alhamdulillah...ayo Balqiz semangat ya blajar pake tongkatnya