Senin, 27 Oktober 2008

update perkembangan balqiz

Alhamdulillah, banyak sekali kemajuan tumbuh kembang Balqiz, baik secara motorik halus, motorik kasar maupun kognitif-nya.

balqiz sudah mulai bisa menjimpit kacang dengan dua jarinya. awalnya kebisaan balqiz karena dalam rangka lebaran, makanya persediaan kacang goreng cukup banyak. dicobakan makan ke balqiz ternyata dia suka, dan sudah bisa mengunyahnya sampai halus sehingga tidak kuatir lagi tersedak. awalnya cara mengambilnya selalu diraup dengan telapak tangannya, pelan-pelan diajarkan untuk menjimpitnya dengan dua jari. Alhamdulillah sudah mulai bisa.

balqiz sudah mulai bisa juga berkomunikasi dua arah. selama ini komunikasi lebih banyak dalam bentuk satu arah, entah satu arah dari balqiz atau satu arah dari bunda/ guru/ pengasuh/ orang lain. hampir sebulan ini, balqiz mulai menunjukkan komunikasi dua arah. walaupun baru percakapan simpel, dua-tiga suku kata saja, misal

bunda ; selamat pagi balqiz
balqiz ; selamat pagi bunda

mbak ida ; balqiz mau makan apa?
balqiz ; balqiz mau mie

yang paling menggembirakan buat bunda, adalah kemaren sore (minggu.26/10/08). bunda mengajak alifah, balqiz dan pengasuh mereka buat maen ke mall depan komplek. dalam kondisi terpisah bunda bertanya ke alifah, dia mau makan apa? alifah jawab dia mau makan mie, saat bunda bertanya ke balqiz, ternyata balqiz juga menjawab 'balqiz mau mie' whuaaaaaaaaa kompak bener yak!!

kita makan di cozy, dan.........
surprise pertama adalah balqiz mau duduk sendiri, sekaligus duduknya menghadap ke depan
surprise kedua adalah balqiz beneran mau makan apa yang disuapkan, yakni mie, habis banyak
surprise ketiga adalah balqiz tidak lagi merasakan panik dengan keramaian yang terjadi
surprise keempat adalah balqiz bisa menunggu yang lainnya, saat dia sudah selesai makan
surprise kelima adalah balqiz mau berjalan sepanjang tour kita di mall
surprise keenam adalah balqiz mau diajak bermain di playground
surprise ketujuh adalah balqiz mau bernyanyi dengan kencang di playground mengikuti lagu anak-anak yang diperdengarkan di playground.........

whuaaaa senang sekali rasanya hati bunda. tidak ternilai apa yang sore kemaren bunda alami. pertama kalinya balqiz bisa enjoy saat berada di mall. sayang sekali bunda gak bawa kamera jadi tidak ada dokumentasinya.

Alhamdulillah,..

8 komentar:

mashoedah mengatakan...

Assalamualikum,
Salam kenal bunda, dari Jogja, ini mashoedah yang yang kemarin bunda singgahin blognya. Thanks untuk comment bunda, salut buat bunda untuk menjadi bunda seutuhnya bagi balqiz. Semoga balqiz menjadi anak yang solehah dan berbakti pada bunda dan ayahandanya, berguna bagi agama dan bangsanya, dan pandai dengan segala keterbatasannya. Amin. Salam hangat dari Jogja.

mamoy mengatakan...

ikut seneng liat perkembangan yg hebad dari balqiz.... kapan kita ketemuan lagi balqiz, udah lama ya

Eucalyptus mengatakan...

Wah, Balqis makin pinterrrrrr...
BTW kacang medenya yang dijejer-jejerin di kasur masih ada gak? He he he...

Anonim mengatakan...

i'm happy for both of you, mbak...
puji syukur buat perkembangan balqis yang membawa kejutan yang membahagiakan.

Fitri3boys mengatakan...

aduhsenengnya...bravo balqis

Ninis mengatakan...

Alhamdulillah...

Tetep belajar yang rajin ya, Balqiz :)
Salut buat Bunda yang penuhhhh kesabaran membimbing Balqiz!

Eucalyptus mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
The Bargowo mengatakan...

Bunda,aku jadi inget sama kecil dulu.setiap masuk ke dunia mama - papa, entah disekolahan tempat papa ngajar, atau tempat kerja mamah,yang notabene lingkungan tunanetra, aku selalu nangis ketakutan.aku gak pernah mau masuk ke dunia itu,dan butuh waktu bertahun2 u/ mengerti dunia yang buat aku asing saat itu. walopun posisinya terbalik. masuk kedunia di luar dunia sejak dia dilahirkan.mungkin itu juga yang balqiz rasaian. Dan Alhamdulillah, balqiz punya bunda yang sangat mencintai dia. Keep fighting ya mbak.