Jumat, 28 Maret 2008

O&M di lingkungan sekitar rumah

masih terkait dengan pelajaran O&M, kali ini lingkungan yang di pelajari balqiz adalah lingkungan di sekitar rumah. Alhamdulillah kalo lingkungan di dalam rumah 80% sudah dikuasai oleh balqiz. sehingga sekarang bunda tidak terlalu kuatir lagi jika membiarkan balqiz bermain sendiri dalam beberapa waktu tanpa ada yang menemani. Bahkan undakan tangga yang memisahkan antara rumah belakang dan rumah bagian depan pun sudah dikuasai balqiz. Alhamdulillah.



Jika cuaca dan kesehatan memungkinkan, balqiz dan kakak alifah punya rutinitas untuk jalan-jalan keluar rumah pagi dan sore hari setelah mandi. Disamping bunda juga pengen mereka gag berkutat mlulu di dalam rumah, bunda juga pengen mereka "menghirup" udara di luar rumah. banyak yang bisa dipelajari di lingkungan rumah. Bunda juga pengen mereka bisa mengenal dan mempunyai banyak teman bermain dengan anak-anak sebaya yang berada di sekitar rumah. Alhamdulillah, mereka mempunyai banyak teman.

Dan, bunda pun mempunyai "misi" selain mendidik balqiz akan lingkungan rumah, bunda juga ingin sekaligus "mendidik" lingkungan di sekitar bunda, mengenai keberadaan balqiz. bunda "ingin" nya teman-teman sebaya alifba bisa bermain tanpa melihat "perbedaan" yang ada pada diri balqiz. minimal begini.... dengan mereka sudah mengenal dan bermain bersama-sama balqiz sejak masa kanak-kanak (yang bunda yakini bahwa saat ini mereka belum mengetahui perbedaan balqiz) mereka terbiasa dengan kehadiran balqiz, bisa bermain, bersabahat, jadi someday mereka akhirnya "ngeh" dengan kondisi tunanetra-nya balqiz, mereka tidak akan memandang balqiz sebagai teman yang berbeda. Insya Alaah.

Kembali ke O&M. bunda sedang membiasakan balqiz sedikit-sedikit, untuk berani berjalan di luar rumah tanpa "digandeng". caranya? komunikasi dengan balqiz apa yang ada disekitarnya. kemudian menemaninya berjalan dengan memandunya dari jarak beberapa meter. memandunya dengan menggunakan "bunyi-bunyian" sebagai panduan arah yang dituju dalam berjalan. bisa dengan tepuk tanga, bisa dengan menggerincingkan uang logam, atau menggunakan lonceng kecil.

Terpenting untuk saat awal, tidak dalam cakupan lingkungan yang besar dulu.... jalanan di depan rumah saja dulu. sebenarnya bukan hanya balqiz saja yang belajar, tetapi bunda pun juga belajar. barokallahu.

3 komentar:

Vina Revi mengatakan...

Semoga nggak lama lagi penjelajahan Balqis bertambah dan nggak cuma di jalanan depan rumah, ya. Peluk cium dari Tante Vina untuk Balqis yang pantang menyerah ...

Sinopi mengatakan...

huaaaaa Bunda hebat deh..
iya Bunda, kaya nya bagus tuh kalo Balqis diajarin supaya akrab dg linungan sekitar dan dilatih mandiri kaya gitu..
niy Bunda nyoba2 blajar sendiri apa ada yg ngajarin, Bun..?

shanty mengatakan...

Makasih bun,balqiz...saya n cherise banyak belajar dari bunda..semoga saya bisa kuat dan semangat spt bunda..dan cherise bisa spt balqiz