Senin, Desember 31, 2007

Selasa, Desember 25, 2007

rapor balqiz

Jumat, 21 Desember 2007 kemaren bunda datang ke sekolah balqiz buat terima rapor. suasana jalanan juga udah gag terlalu padat keik biasanya, mungkin karena udah banyak yang liburan natal dan akhir tahun ya. mpe sekolah suasananya juga sepi gitu, mungkin karena emang dah masuk masa libur sekolah (20/12/2007 sd 12/1/2008), atau mungkin juga karena bunda datangnya pagi-pagi jadi belum banyak orangtua yang datang. bunda jadi bersyukur karena masih sepi, jadinya bisa diskusi banyak dengan ibu gurunya balqiz, yakni ibu Rini dan ibu Ndari.

banyak yang kita diskusikan, diantaranya harapan ayahbunda untuk balqiz dimasa mendatang. harapan dan doa buat balqiz amat banyak dan bermacam-macam. hanya untuk jangka pendek, harapan ayahbunda adalah balqiz bisa "berkomunikasi" dulu. kemudian balqiz bisa mengatasi rasa paniknya jika berada di tempat keramaian. Sejak sekolah, balqiz udah bisa mengatasi rasa panik/ gelisahnya kalo berada lingkungan kecil,misalkan 10 orang, tetapi jika lebih dari itu, balqiz masih suka panik dan gelisah. Jadi 2 hal itu dulu deh, dan buat bunda, itu sudah sebuah prestasi besar buat balqiz.

kita juga ngobrol tentang banyak kemajuan balqiz selama kurleb 3 bulan dia bersekolah. mungkin bagi batita "normal" lain, kemajuan yang tercatat adalah biasa-biasa aja tapi buat balqiz dan ayahbunda, kemajuan2 itu adalah sebuah prestasi.

inilah hasil rapor balqiz, (rapornya berupa naratif hasil observasi) ;
Nama : Balqiz Baika Utami
Umur : 2 tahun
Jenis Kelamin : Perempuan
Kelas : Pelayanan Dini
Semester : 1 (satu)
Tahun Ajaran : 2007/ 2008
1. Kognitif
Anak mampu menyentuh benda-benda baru dengan rasa ingin tahu. mampu mengeksplorasi mainan dg cara menggoyang, menekan, memutar, menyentuhnya dengan mulut,memukul. bisa mengindikasikan keinginan untuk melanjutkan aktifitas dg menarik tangan prang yg ada didekatnya. mengerti konsep penyimpanan. bisa menyentuh bagian-bagian tubuhnya jika diminta, misalnya mata, kepala, tangan, kaki. bisa memilih mainan yg disukai.

2. Bahasa
Anak bisa bernyanyi beberapa lagu dengan intonasi yang benar dengan lafal yg belum jelas. bisa merespon dg gembira terhadap suara orang yg dikenal dengan mencari sumber suara. sudah bisa meminta dalam situasi yg tepat,misalnya "lagi" untuk meminta aktifitasnya dilanjutkan. bisa merespon frase sederhana dg respon non verbal dengan ekspresi gembira atau tepuk tangan.

3. Sosialisasi
Anak akan memeluk ketika disentuh oleh orang yg sudah dikenal. juga mengenali suara-suara anggota keluarga. bisa menggapai ke arah orang yg sudah dikenal ketika berbicara. bisa menunjukkan respon jika namanya dipanggil. bisa bermain sendiri tanpa ditunggui untuk beberapa saat.

4. Kompensasi
Dengan baik anak bisa mengeksplorasi permukaan bertekstur dengan menggunakan tangan atau kakinya diatas permukaan tersebut. bereaksi terhadap stimulasi yg diberikan pd lengan/ kaki dg cara menggerakkan anggota badan yg distimulasi.

5. Ketrampilan Bina Diri
Anak bisa menghisap dan menelan cairan. sudah bisa mengunyah makanan padat. sudah mulai minum menggunakan cangkir. sudah bisa menikmati dan membedakan beberapa makanan yg berbeda teksturnya.

6. Motorik Halus
Sangat baik, bisa memainkan rattle dalam genggaman tangannya. bisa memukulkan mainan pd permukaan yg keras. bisa memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yg lain, bisa bertepuk tangan, dengan kedua tangannya bisa menarik, meremas. bisa menggerakkan satu atau dua jarinya, mengekplorasi lubang atau tuas mainan.

7. Motorik Kasar
Anak bisa bergerak dari duduk ke berdiri bebas. bisa berjalan tanpa bantuan untuk area yg sudah familiar, bisa menaiki tangga dengan berpegangan.

Catatan Guru :
Balqiz mempunyai kemampuan yg bagus,baik kognitif, sosialisasi, motorik halusnya dan sebagainya. Anak akan berkembang maksimal apabila anak mendapat kesempatan yang sama dalam mengembangkan diri yang didukung oleh seluruh anggota keluarganya. yang utama adalah anak diberi waktu untuk mengulang aktiftas yang akan dikuasai, menggunakan real objek, mendapat sebanyak banyaknya informasi dan diberi kesempatan melakukan aktifitas secara mandiri.

Rabu, Desember 19, 2007


Selamat Hari Raya Idul Adha 1428 H
Mohon Maaf Lahir Bathin

Senin, Desember 10, 2007

balqiz sekolah

Alhamdulillah, sejak tanggal 6 November 2007 lalu balqiz udah mulai sekolah, setelah nunggu daftar waiting list selama beberapa bulan, di slb dwituna rawinala. sebenarnya memang agak kurang tepat ya kalo balqiz masuk ke slb rawinala, karena balqiz tidak mengalami apa yang disebut "dwituna" tetapi, mengingat usia balqiz yang masih belia banget dan kemudian slb khusus tunanetra (slb A Pembina) itu letaknya di Lebak Bulus yang nun jauh dari rumah bunda, akhirnya ayahbunda lebih memilih rawinala untuk tempat belajar balqiz di program Early Intervention.

mengenai detailnya rawinala atau slb A Pembina, sahabat bisa langsung liat di situsnya ya. bunda mau cerita aja tentang gimana balqiz disekolah. sampai saat ini balqiz masih bersekolah 2 kali seminggu yakni tiap hari Selasa dan Kamis, pukul 10.00 s/d 12.00 wib. Insya Allah nanti seiring dengan evaluasi perkembangan belajar balqiz dan pengaturan kelas, intensitas pertemuan akan ditambah.

saat ini dikelas balqiz belajar bersama Dewa (5th), dan dibimbing dengan ibu Rini dan ibu Ndari. sebenarnya jumlah siswanya ada 3, selai balqiz dan dewa ada Teta (4th), namun mungkin karena letak rumahnya yang jauh dan yang mempunyai tugas mengantar adalah neneknya, yang sudah sepuh jadinya Teta jarang terlihat bisa bergabung belajar. sama dengan balqiz, dewa juga mengalami tunanetra sejak lahir. kalau dengan Teta bunda belum tahu banyak karena sampai saat ini baru satu kali ketemu dengannya.
hehehe.... banyak yang bilang kalo dewa dan balqiz thu mirip banget,.... (?)

dan walaupun masih batita, orangtua gak boleh nemani dikelas. jadi ya bunda hanya mengantar balqiz sampai di pintu kelas dan menyerahkan balqiz ke ibu gurunya. selama 2 jam masa belajar ya full dengan ibu guru, termasuk keperluan makan, minum, dll. jadi ya bunda cuma bisa intip-intip aja dari jendela kelas apa seh kegiatannya balqiz.... awal-awal sekolah, balqiz masih suka nangis kalo tiba saat ditinggal dikelas sendirian, tetapi Alhamdulillah setelah pertemuan ke-3 balqiz udah gak pernah lagi terdengar suara tangisannya kalo di kelas. balqiz udah mulai merasa nyaman dan enjoy dikelas bersama teman dan gurunya.


karena balqiz suka musik, lagu, jadi kegiatan pertama balqiz sampai di kelas adalah bermain organ dan bernyanyi. baru setelah terlihat balqiz tenang, mulai belajar. hmmmm.... atau bermain? hehehe.... ya itu deh. balqiz sudah mulai bisa memasang puzzle, sudah bisa memasukkan balok sesuai dengan bentuknya. setelah itu, kegiatan selanjutnya adalah orientasi lingkungan. jadi balqiz diajak berjalan keliling sekolah. bermain di luar ruangan kelas. setelah orientasi lingkungan, saat makan siang. saat makan ini sebenarnya bunda boleh masuk, tapi.... kalo bunda masuk kelas. yang ada begitu balqiz dengar suara bunda... langsung deh minta gendong bunda dan akhirnya gak mau lepas lagi. jadinya ya bunda memilih tetap jadi "pengintip" saja....

setelah makan siang, belajar di komputer, mendengarkan vcd, pokoke session belajar dengan menggunakan media eletronik. dan tidak terasa 2 jam berlalu, nyanyi lagi deh buat penutupan belajar... dan pulang!!
sesekali bu guru memberikan tema pada pelajaran kelas, misalnya tentang wortel, tentang jeruk, jadi seluruh rangkaian kegiatan belajar ya sesuai dengan tema hari itu. dan balqiz juga diajarin buat belanja ke kantin sekolah. jadi dibekelin uang, dan saat orientasi lingkungan diajak ke kantin kemudian disana ditunjukkan macam-macam jajanan kemudian disuruh memilih apa yang balqiz pengen.


Minggu, Desember 02, 2007

potret

mungkin artikel dan video ini bisa membuka hati, menyentuh hati dan memberikan sebuah perhatian bahwa mereka ada dan layak untuk memperoleh sebuah penerimaan yang tulus ikhlas,..........